Pemkab Murung Raya Lakukan Monitoring dan Evaluasi Kinerja Pemerintah di Kecamatan Tanah Siang

Murung Raya,Suluhnusantara.news – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) kinerja Pemerintah di Kecamatan Tanah Siang pada Jumat (14/6/2024).

Acara ini dihadiri oleh Asisten I Setda Kab. Mura Serampang, Camat Tanah Siang Hendra Hadikusuma, Kapolsek Tanah Siang, Danramil, serta tamu undangan lainnya.

Kegiatan Monev ini bertujuan untuk mengawasi dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan di Kecamatan Tanah Siang. Monitoring dan evaluasi ini merupakan proses penting dalam memastikan kinerja dan akuntabilitas pemerintah kecamatan yang menaungi desa-desa dan kelurahan dalam wilayah administrasi kecamatan dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Asisten I Setda Kab. Mura, Serampang, dalam sambutannya mewakili Pj Bupati Mura, menyampaikan bahwa banyak hal yang harus segera direspon dan ditindaklanjuti untuk memastikan bahwa kebijakan dan program yang telah ditetapkan berjalan sesuai rencana.

“Monitoring dilakukan dengan mengumpulkan data dan informasi serta mengadakan pertemuan dengan pemerintah Kecamatan Tanah Siang. Dari hasil monitoring ini, akan dihasilkan tindak lanjut yang harus segera dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Murung Raya. Mengingat keterlambatan dalam pengesahan DPA yang berdampak pada penyerapan anggaran yang kurang maksimal, monitoring ini berfungsi sebagai jembatan agar serapan anggaran bisa tercapai,” ujar Serampang.

Camat Tanah Siang, Hendra Hadikusuma, bersama perwakilan desa yang hadir, menyambut antusias kegiatan ini. Menurut Hendra, kegiatan ini merupakan evaluasi atas kendala-kendala yang harus segera dicari solusinya.

“Evaluasi dilakukan dengan membandingkan antara target yang telah ditetapkan dengan capaian yang sebenarnya. Evaluasi juga melibatkan penilaian terhadap kualitas pelaksanaan kebijakan, efektivitas penggunaan sumber daya, serta dampak yang dihasilkan bagi masyarakat Kecamatan Tanah Siang,” ungkap Hendra.

Dalam kegiatan tersebut, beberapa poin menjadi catatan penting, di antaranya: pelayanan kesehatan, pendidikan, pembangunan sarana dan prasarana, serta laporan dan keluhan masyarakat mengenai kurangnya tenaga kesehatan dan tenaga pengajar di desa-desa. Usulan pembangunan fisik seperti jalan, jembatan, bangunan sekolah, dan Posyandu juga menjadi perhatian.

Menutup kegiatan Monev, Asisten I Setda Kab. Mura, Serampang, menekankan pentingnya membangun sistem pelaporan yang efektif dan berjenjang. “Segala masalah yang terjadi harus ditindaklanjuti dengan surat supaya tidak hanya sekedar lisan, baik dalam pelaporan, usulan, maupun permohonan,” kata Serampang.***

(M.Ilmi).

Penulis: IlmiEditor: Jl

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *