Penguatan Sinergitas dan Cooling System Jadi Strategi Polda Babel, Wujudkan Pemilu Damai

GB. Karo Ops Polda Bangka Belitung Kombes Pol Henik Maryanto

Babel, Suluhnusantara.News – Kepolisian khususnya Polda Bangka Belitung memastikan telah menyiapkan sejumlah strategi dalam pengamanan pesta demokrasi Pemilu 2024 mendatang.

Strategi yang disiapkan diantaranya penguatan sinergitas antar stakeholder, cooling sistem hingga pergelaran Operasi pengamanan Pemilu 2024. Demikian disampaikan Karo Ops Polda Bangka Belitung Kombes Pol Henik Maryanto, Selasa (19/12/23) malam.

Dalam penguatan sinergitas, Henik menyebutkan pihaknya turut melibatkan sejumlah stakeholder terkait serta elemen masyarakat. “Kepolisian tentunya tidak bisa sendiri, ada stakeholder lain juga dan tokoh-tokoh masyarakat yang kita libatkan untuk menciptakan Pemilu damai dan aman di Bangka Belitung,”kata Henik.

Disebutkan Henik, berbagai kegiatan telah dilakukan oleh Polda Babel dalam penguatan sinergitas seperti Rakor Lintas Sektoral, perjanjian kerjasama baik TNI, KPU maupun Bawaslu serta Deklarasi Damai. “Ini adalah komitmen kita bersama. Memastikan integritas kita dan ini sangat positif menjadi bagian dari penguatan sinergitas kita,”sebutnya.

Selain penguatan sinergitas, pihaknya juga melaksanakan Cooling Sistem. Hal ini bertujuan sebagai langkah dalam mendinginkan suasana dimasa Pemilu 2024 ini.

Cooling sistem ini sendiri, lanjut Henik, dilakukan melalui pendekatan dengan tokoh-tokoh masyarakat, sambang, patroli siber hingga menggelar Patroli 3 Pilar dari TNI-Polri dan Pemerintah Daerah. “Cooling sistem ini sifatnya pencegahan, sejauh ini cukup efektif sehingga mendinginkan suasana politik khususnya di Bangka Belitung,”lanjutnya.

Lebih lanjut, mengenai indeks kerawanan, diungkapkan Karo Ops bahwa wilayah Bangka Belitung masuk dalam kategori kurang rawan.

Kendati demikian, Henik menyampaikan jajarannya tetap mengantisipasi hal-hal yang menjadi potensi kerawanan jelang Pemilu 2024. “Kita tidak terlena dengan kondisi yang ada. Sinergitas inilah yang menjadi kekuatan kita dalam pengamanan Pemilu untuk mewujudkan Pemilu yang aman dan Damai di Bangka Belitung,”pungkasnya. (Humas Polda/Babel)*

Reporter : Srikandi Babel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *