Perumda Tirta Peusada Aceh Timur Sosialisasi Penyusuaian Tarif

Aceh Timur.Suluhnusantara.News –   Sosialisasi Tatap Muka dengan Pelanggan rencana penyesuaian tarif air minum Perumda Tirta Peusada. Perusahaan Umum Dareah (Perumda) Tirta Peusada Kabupaten Aceh Timur menggelar sosialisasi tetap muka rencana penyesuaian tarif air minum, setelah dua tahun tidak dilakukan penyesuain tarif.

“Penysuasian tarif air dinaikkan karena adanya penyesuaian biaya operasional dan pemeliharaan, peningkatan kualitas layanan, serta pengembangan infrastruktur Perumda Tirta Peusada,” kata Ketua Dewan Pengawas Perumda Tirta Peusada Aceh Timur, Muhammad Faisal, S.P didampingi Direktur Iskandar, SH dalam sosialisasi tatap muka di aula Sekdakab Aceh Timur, Rabu (12/06/2024) pagi.

Sambung Muhammad Faisal, penyusuaian tarif air harus dilakukan setiap tahunnya sesuai dengan Permendagri Nomor 21 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Permendagri Nomor 71 Tahun 2016 tentang Perhitungan dan Penetapan Tarif Air Minum, serta sesuai dengan Keputusan Gubernur Aceh Nomor : 690/1342/2023 tentang penetapan tarif batas atas dan tarif batas bawah air minum di Kabupaten/ kota  se-Aceh tahun 2024.

Lanjut Muhammad Faisal, penyusuaian tarif dilakukan sesuai regulasi, besarnya tagihan untuk memenuhi kebutuhan dasar (10 m3 per bulan) dibandingkan dengan besaran UMK tidak boleh melewati 4% dari pendapatan (UMK).

“Hasil dari penyesuaian tarif, juga akan digunakan untuk pengembangan infrastruktur baru yang dapat menjangkau wilayah-wilayah yang selama ini belum terlayani dengan baik,” papar Muhammad Faisal.

Direktur Perumda Tirta Peusada Aceh Timur, Iskandar, SH, di depan perwakilan pelanggan, LSM dan awak media menambahkan, bawa pihaknya terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan air minum.

“Termasuk perbaikan jaringan pipa, peningkatan kapasitas produksi, dan penyediaan air yang lebih bersih dan aman bagi masyarakat pelanggan dalam wilayah Aceh Timur,” jelas Iskandar.

Ia percaya bahwa dengan dukungan dan kerjasama dari seluruh masyarakat, penyesuaian tarif ini dapat dilaksanakan dengan baik dan memberikan manfaat yang optimal bagi kita semua. “Air adalah sumber kehidupan, dan bersama-sama kita harus memastikan keberlanjutan dan kualitasnya untuk generasi sekarang dan yang akan datang,” demikian Direktur Perumda Tirta Peusada, Iskandar SH.

Sosialisai tatap muka tersebut juga di hadiri Kadisperindakkop Aceh Timur Muhammad Oriza, dan Bagian Bagian Ekonomi Mahrizal, dan bagian hukum sekdakab Aceh Timur Muhammad Asefullah, serta perwakilan pelanggan Kuta Binjei Panglima Budi, Perwakilan pelanggan wilayah Idi, Perwakilan pelanggan Nurussalam, perwakilan pelanggan Birem Bayeun, serta sejumlah awak media.*

Zainal Abidin pjt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *