Pj Bupati Mura Menyambut Baik Rencana Kerja Sama dengan IPB Bogor untuk Pengembangan Kawasan Hortikultura di Desa Olung Siron

Murung Raya – Suluhnusantara.news: Pemerintah Kabupaten Murung Raya telah menjalin kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam merumuskan Master Plan Pembangunan Balai Benih Hortikultura di Desa Olung Siron, Kabupaten Murung Raya, pada hari Kamis (02/11/2023).

Hermon, Penjabat (Pj) Bupati Murung Raya, melalui Asisten III Setda, Batara, menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Murung Raya sangat mengapresiasi dukungan serta kerja sama yang diberikan oleh Institut Pertanian Bogor dalam penyusunan Master Plan Pembangunan Balai Benih Hortikultura di Desa Olung Siron.

“Kerja sama ini merupakan langkah penting Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanik) Kabupaten Murung Raya untuk mengembangkan kawasan hortikultura. Ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian daerah dan menjadi contoh bagi pengembangan kawasan di masa depan, baik oleh masyarakat maupun pemerintah daerah lainnya,” kata Batara.

Tidak hanya itu, kerja sama ini juga bertujuan untuk mengatasi dampak perubahan iklim terhadap sektor pertanian, yang memerlukan upaya pengembangan kawasan untuk meningkatkan ketahanan pangan.

Dalam konteks Provinsi Kalimantan Tengah sebagai Provinsi Penyangga Ibu Kota Negara (IKN), Kabupaten Murung Raya memiliki potensi besar untuk dikembangkan. “Kedudukan strategis ini membuka peluang bagi Kabupaten Murung Raya untuk mendorong pembangunan ekonomi, bisnis, dan investasi dengan segala potensi sumber daya yang ada,” tambahnya.

Sejak wacana pemindahan Ibu Kota Negara terdengar hingga disahkannya Undang-undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara, Kabupaten Murung Raya telah menyiapkan beberapa langkah strategis, termasuk pengembangan kawasan hortikultura di Desa Olung Siron.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Mura, Reyzal Samat, menyampaikan terima kasih kepada Dekan Fakultas Pertanian IPB, Suryo Wiyono, dan tim yang telah membantu merumuskan Master Plan Pembangunan Balai Benih Hortikultura di Desa Olung Siron. “Kami berharap kerja sama ini dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan,” ujarnya.

Reyzal menekankan bahwa sektor unggulan di Kabupaten Murung Raya adalah pertanian, dengan luas wilayah mencapai 2.000.207 hektar, namun masih banyak yang belum dimanfaatkan.

Desa Olung Siron memiliki potensi sebagai kawasan hortikultura yang direncanakan untuk dikembangkan. Selain untuk meningkatkan produksi hortikultura lokal, wilayah ini juga diharapkan menjadi destinasi agrowisata bagi masyarakat lokal dan luar daerah.
(*/M.ilmi).

Penulis: IlmiEditor: St

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *