Daerah  

PKBM Asa Ambang Tingkatkan Kualitas Pendidik Melalui Seminar KMB

Murung Raya – Suluhnusantara.News || Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Asa Ambang telah sukses laksanakan seminar bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan non formal.

Seminar ini merupakan persiapan untuk menerapkan kurikulum Merdeka Belajar (KMB), dan acara berlangsung di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Murung Raya pada Kamis, 12 Oktober 2023.

Rani Septi Christin, Ketua Panitia penyelenggara Seminar, menjelaskan bahwa dasar pelaksanaan seminar ini adalah Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 260/P/2023.

“Dengan terselenggaranya acara ini, kita berharap para peserta dapat mengimplementasikan pembelajaran di PKBM masing-masing guna meningkatkan kapasitas serta kualitas pendidikan non formal,” kata Rani.

Aulia Ridhayani, Kepala Disdikbud Kabupaten Murung Raya, memberikan apresiasi kepada PKBM Asa Ambang atas penyelenggaran seminar ini bertujuan memfasilitasi penguatan kompetensi, pengembangan karakter, manajemen tata kelola satuan pendidikan, dan kapasitas sumber daya tata kelola satuan pendidikan.

“Kami sangat mendukung pelaksanaan kegiatan-kegiatan ini untuk penyegaran dan peningkatan kompetensi serta pengetahuan dalam implementasi kurikulum Merdeka Belajar, terutama pada satuan pendidikan PKBM,” tutur Aulia.

Sementara itu, Ketua PKBM Asa Ambang, Nofriandy Imanuel, mengungkapkan bahwa penyesuaian terhadap metode dan perkembangan dalam kurikulum Merdeka Belajar menjadi sangat penting untuk menghasilkan lulusan peserta didik yang mampu bersaing.

Menurut Nofriandy, kurikulum Merdeka Belajar juga memberikan keleluasaan kepada pendidik Paket A setara SD/MI, Paket B setara SMP/MTs, dan Paket C setara SMA/MA untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar.

Kegiatan seminar ini dihadiri oleh sejumlah Kepala PKBM, tutor, operator PKBM, para narasumber workshop, dan tamu undangan lainnya.

Dengan demikian, upaya meningkatkan kualitas pendidikan non formal melalui kurikulum Merdeka Belajar (KMB) terus berlanjut, mendukung pendidikan berkualitas yang relevan dengan kebutuhan peserta didik.*

(M.ilmi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *