Polres Brebes Tingkatkan Patroli dan Pengamanan KPU-Bawaslu untuk Pastikan Keamanan Pilkada

Brebes. Suluhnusantara.news – Dalam rangka memastikan kelancaran dan keamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Polres Brebes terus meningkatkan patroli dan pengamanan, terutama di titik-titik vital seperti kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Brebes.

Langkah pengamanan ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja Candi 2024, yang digelar sejak akhir Agustus untuk menjaga ketertiban selama proses Pilkada serentak di seluruh Indonesia, termasuk pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, dan Walikota.

Kasubsi PIDM Humas Polres Brebes, Iptu Indra Prasetyo, yang juga menjabat sebagai Kasatgas Humas Operasi Mantap Praja Candi 2024, menyampaikan bahwa patroli intensif terutama menyasar lokasi-lokasi rawan dan pusat keramaian, termasuk kantor KPU dan Bawaslu setempat. Patroli ini dilakukan secara rutin sebagai langkah preventif guna mengantisipasi potensi gangguan keamanan selama tahapan Pilkada, khususnya masa kampanye.

“Kegiatan patroli ini bertujuan untuk memastikan situasi tetap aman dan kondusif, terutama menjelang pelaksanaan tahapan-tahapan penting dalam Pilkada di Kabupaten Brebes,” ujar Indra, Sabtu (28/9/2024).

Selain patroli, Polres Brebes juga menempatkan personel untuk menjaga secara tetap di kantor KPU dan Bawaslu guna memastikan keamanan di dua lembaga kunci tersebut. Indra menambahkan bahwa Polres Brebes akan terus melaksanakan patroli secara intensif hingga seluruh proses Pilkada berjalan lancar dan tertib.

“Kami ingin menciptakan lingkungan yang aman bagi seluruh warga, khususnya menjelang Pilkada ini. Diharapkan masyarakat juga turut serta menjaga ketertiban dan keamanan di daerah masing-masing,” imbuhnya.

Di Brebes sendiri, Pilkada 2024 hanya diikuti oleh satu pasangan calon, yakni Paramitha Widya Kusuma dan Wurja. Hingga memasuki masa kampanye, situasi di Kabupaten Brebes dilaporkan kondusif dan aman.

“Alhamdulillah, seluruh tahapan Pilkada, termasuk masa kampanye, sejauh ini berjalan dengan aman dan lancar. Kami akan terus berupaya menjaga stabilitas ini hingga proses Pilkada selesai,” pungkas Indra.

Dengan patroli rutin dan kerja sama antara Polri, stakeholder terkait, serta masyarakat, diharapkan Pilkada 2024 di Kabupaten Brebes dapat berlangsung sukses dan tanpa hambatan.(Rizal Sismoro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *