Polres Malang Sukses Amankan Event Sepeda Tour De Panderman Polda Jatim 2024

Malang//suluhnusantara.News – Kepolisian Resor (Polres) Malang, Polda Jawa Timur, melaksanakan pengamanan berlangsungnya event olahraga sepeda Tour De Panderman Polda Jatim 2024 di wilayah Kabupaten Malang, Sabtu (8/6/2024).

Acara yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 ini diikuti oleh lebih dari 1.800 pesepeda, baik dari tingkat lokal maupun nasional.

Kasihumas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara, mengungkapkan bahwa pengamanan acara melibatkan ratusan personel gabungan. Lebih dari 400 personel gabungan yang terdiri dari anggota Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan tim medis disebar di berbagai titik strategis di wilayah Kabupaten Malang.

“Pengamanan ini kami lakukan untuk memastikan keamanan dan kelancaran jalannya acara, mengingat event ini melibatkan ribuan peserta dan melintasi beberapa wilayah yang padat aktivitas,” kata Ipda Dicka Ermantara, Sabtu (8/6).

Pihak kepolisian fokus pada pengamanan di simpul-simpul jalan yang menjadi rute utama di Kabupaten Malang, yakni sepanjang Jl. Layang Lawang – Jl. Thamrin – Jl. DR. Wahidin – Jl. Raya Randuagung hingga Jl. Raya Mondoroko, Kecamatan Singosari. Pengamanan juga dilakukan di sepanjang Jalan Raya Sengkaling, Kecamatan Dau, hingga perbatasan kota Batu.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pengamanan maksimal demi kelancaran acara dan keselamatan seluruh peserta,” tambah Ipda Dicka.

Event olahraga sepeda yang diawali dengan start di Mapolda Jatim ini, melintasi enam kota dan kabupaten, yakni Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Malang, Kota Malang, dan Batu. Para peserta dibagi menjadi dua kategori, yaitu peserta pembalap dan peserta non-pembalap, dengan total jarak tempuh mencapai 113 kilometer.

Finish race untuk peserta pembalap ditetapkan di Rest Area Jalibar Oro-Oro Ombo Batu, sementara finish utama untuk peserta non-pembalap berada di Balai Kota Among Tani Batu. Selain memperebutkan piala Kapolda Cup, event ini juga bertujuan untuk memperkenalkan potensi ekonomi daerah-daerah yang dilintasi, mulai dari UMKM hingga sektor pariwisata.

“Acara ini bukan saja menjadi ajang olahraga, tetapi juga sarana untuk memperkenalkan potensi UMKM daerah serta mempererat silaturahmi antar peserta balap sepeda dari berbagai daerah,” tutupnya.

Tour De Panderman Polda Jatim 2024 menjadi salah satu bukti komitmen kepolisian dan pemerintah daerah dalam memajukan olahraga dan pariwisata di Indonesia, serta mempererat hubungan antara masyarakat dan aparat penegak hukum melalui kegiatan positif dan bermanfaat.*

 (Eddy/rlshmsresma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *