Polres Murung Raya Gelar Latihan Gladi Simulasi Sispamkota Untuk Pengamanan Pilkada 2024

Murung Raya-Suluhnusantara. News – Polres Murung Raya (Mura), Polda Kalteng melaksanakan latihan gladi simulasi dalam rangka persiapan pengamanan Pilkada 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personel dalam menangani potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang mungkin timbul selama proses Pilkada. Latihan tersebut berlangsung di Kantor KPU, Alun-Alun Jorih Jerah Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya, pada Jumat (23/8/2024) pukul 09.00 WIB.

Latihan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Murung Raya AKBP Irwansah, S.I.K, didampingi oleh Kabagops Kompol Sahat Martua Pasaribu, S.H., serta diikuti oleh para Pejabat Utama (PJU), seluruh personel Polres Mura, Satbrimob, dan Polsek jajaran.

Sebelum simulasi Sispamkota dimulai, Polres Mura terlebih dahulu melakukan gladi untuk memastikan kesiapan seluruh personel. “Apa yang kita simulasikan hari ini adalah situasi riil di lapangan. Simulasi ini sebagai langkah antisipasi untuk mencegah kemungkinan terjadinya gangguan akibat ketidakpuasan pemilih terhadap hasil rekapitulasi perhitungan suara di TPS pada saat Pemilu nanti,” ujar Kapolres.

Dari perspektif kamtibmas, meningkatnya intensitas kegiatan politik seperti Pilkada ini dapat menimbulkan potensi kerawanan yang berisiko mengganggu persatuan, serta memicu penyebaran hoaks dan ujaran kebencian yang bisa berujung pada konflik sosial.

“Simulasi ini menggambarkan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi selama pelaksanaan Pilkada 2024, termasuk skenario terburuk. Meskipun saat ini kondisi Murung Raya aman dan kondusif, kita tetap harus mempersiapkan diri menghadapi segala kemungkinan,” jelas AKBP Irwansah.(hms/Ilmi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *