Polres Pekalongan Selenggarakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Candi Tahun 2023 – 2024

Pekalongan- Suluh nusantara news – Polres Pekalongan – Polda Jateng – Dalam rangka pengamanan Pemilu Tahun 2024, Polres Pekalongan menggelar Apel Pasukan Operasi Mantap Brata Candi Tahun 2023-2024 di Jalan Mandurorejo Kabupaten Pekalongan, Kamis (19/10).

Apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi, S.I.K., M.H didampingi Wakil Bupati Pekalongan H. Riswadi, S.H dan Pabung Kodim 0710 Pekalongan Mayor Kav Muhammad Purbo Suseno.

Dalam amanat Kapolri melalui AKBP Wahyu Rohadi menyampaikan bahwa apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras Operasi Mantap Brata 2023-2024, sehingga pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

“Kita melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 dengan maksud pengecekan kesiapan baik personil yang melaksanakan pengamanan maupun sarana prasarana. Insyaallah dari Polres Pekalongan siap mengamankan tahapan-tahapan pemilu yang cukup panjang karena baru kali ini dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah,” terang Kapolres.

Selain itu guna mengamankan pemilu 2024, Polri didukung TNI, dan instansi terkait serta mitra kamtibmas lainnya dalam penggelaran Operasi Mantap Brata Tahun 2023-2024 ini. Menurutnya, Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa.

“Tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena diselenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama. Ini merupakan pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa dan masa depan negara,” kata AKBP wahyu Rohadi.

Dikatakan Kapolres bahwa operasi ini akan dilaksanakan selama selama 222 hari sejak 19 Oktober 2023 sampai dengan 20 Oktober 2024. Pihaknya sendiri mengerahkan 164 personil Polri pada tahapan pertama.

“Di Kabupaten Pekalongan sendiri, untuk tahapan pertama operasi mantap brata yaitu tahap pendaftaran, kita kerahkan sebanyak 164 personil Kepolisian,” tuturnya.

Dalam kesempatannya kepada warga masyarakat khususnya Kabupaten Pekalongan, AKBP Wahyu Rohadi berpesan untuk bersama-sama menjaga kondusifitas kamtibmas.

“Mari kita sama-sama mengamankan pesta demokrasi. Ya namanya juga pesta, berarti harus kita laksanakan dengan penuh kegembiraan, dan sekecil mungkin hindari gesekan-gesekan,” pesannya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pekalongan H. Riswadi selaku pemerintahan Kabupaten Pekalongan menyampaikan terima kasih kepada pihak Kepolisian dan TNI yang pada kesempatan sore hari ini mempersiapkan apel siaga dalam rangka Pengamanan pemilu tahun 2024.

“Kami tadi menyimak pidato dari Kapolri yang dibacakan oleh Kapolres, dimana pengamanan pemilu ini agak panjang hampir 200-an hari lebih. Oleh karena itu butuh stamina dan kesiapan yang matang. Dan pada hari ini adalah gelar pasukan dalam rangka infrastruktur secara sarpras dan individunya dipersiapkan dalam rangka persiapan pemilu,” ujar Wakil Bupati.

Lanjutnya, Riswadi mengatakan koordinasi yang dilakukan secara terus menerus akan menjadikan kinerja yang lebih baik, mantap dan sigap di lapangan dalam menghadapi segala sesuatu yang tidak diinginkan dalam penyelenggaraan pemilu 2024.

Pewarta, ARIYANTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *