Ratusan Warga Binaan Lapas Banyuwangi Manfaatkan Daging Qurban dengan Nyate Bareng

Banyuwangi.Suluhnusantara.News – Perolehan daging qurban hasil pemotongan hewan qurban di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi dimanfaatkan oleh Warga Binaan dengan membuat sate. Mereka pun kompak nyate bareng di depan kamar hunian masing-masing, Senin (17/6).

Menggunakan perlengkapan sederhana, Warga Binaan terlihat kompak dalam meyiapkan segala bahan yang dibutuhkan untuk membakar sate yang telah disebar menyeluruh ke setiap kamar hunian.Kepala Lapas Banyuwangi Agus Wahono menyebut, arang dan bumbu yang digunakan untuk membakar sate sengaja disediakan oleh pihak Lapas agar Warga Binaan merasakan kemeriahan perayaan Idul Adha seperti yang dilakukan oleh masyarakat pada umumnya.

“Daging qurban disebar rata ke lebih dari 900 Warga Binaan, serta kami fasilitasi bahan maupun bumbunya untuk dibuat sate,” ujarnya.

Menurutnya, hal itu hampir dilakukan setiap tahun, selain agar Warga Binaan dapat merayakan Idul Adha, juga untuk memupuk kekompakan dan kerukunan antar Warga Binaan.

“Diharapkan hal ini mampu menciptakan kondisi Lapas Banyuwangi yang aman dan kondusif,” ungkapnya.

Dalam pemotongan hewan qurban, kata Agus, sejumlah Warga Binaan juga terlibat langsung. Mereka tergabung dalam dalam panitia pemotongan hewan qurban yang telah melewati proses sidang tim pengamat pemasyarakatan (TPP).

Agus mengungkapkan bahwa pada Idul Adha 1445 H ini Lapas Banyuwangi memperoleh 16 hewan qurban yang terdiri dari 4 ekor sapi dan 12 ekor kambing. Hewan qurban itu berasal dari pegawai, instansi, masyarakat dan juga Warga Binaan.

“Hal ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat terhadap Warga Binaan agar turut merasakan kebahagiaan perayaan Idul Adha,” tutupnya. (Ridwan)*

Penulis: RidwanEditor: Eko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *