Rian Firmansyah Komisi VII DPR RI Bersama BRIN Mengelar Bimtek Tingkatkan Kapasitas Bagi Pelaku UMKM Agar Naik level

Bimtek guna tingkatkan kapasitas Pelaku UMKM

Bandung, Suluh Nusantara news — Anggota Komisi VII DPR RI Rian Firmansyah bersama BRIN (Badan Riset Nasional) gelar Pelatihan Manajemen Bisnis bagi UMKM di GOR Bulutangkis desa Sukawening Pasir Jambu Kabupaten Bandung, Senin (27/11/2023).

Kegiatan ini di laksanakan agar bisa mewujudkan dan meningkatan kapasitas para pelaku UMKM yang ada di wilayah Kab.Bandung terutama yang ada di wilayah Kecamatan Pasir Jambu dan Ciwidey, kegiatan ini diikuti dari 200 UMKM dari berbagai kegiatan usaha.

Rian Firmansyah mengatakan, Manajemen bisnis sangat penting dalam menjalankan suatu bisnis, dimana UMKM ini harus naik level dalam segi apapun apalagi urusan masalah permodalan atau finansial juga distribusi dan promosi, tentunya para UMKM harus ada sentuhan pemanfaatan teknologi dan itu merupakan yang paling utama.

Khusus daerah Ciwidey Pasir Jambu dan Ranca Bali, ini merupakan daerah wisata yang luar biasa sudah sangat terkenal di Indonesia maupun di mancanegara, tinggal bagaimana kita meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM untuk bisa piawai dan juga cakap dalam penggunaan teknologi dalam segi promosinya. Karena produk-produk UMKM produk olahan maupun riset dan inovasi di bidang kuliner di wilayah ini sudah sangat luar biasa banyak dan tentunya juga akan menjadi ciri khas daripada Kabupaten Bandung kedepannya, jadi tinggal di tingkatkan urusan masalah promosi dan pemasaran dengan sentuhan teknologi, bisa di marketplace dan di media-media yang lainnya, Ungkap Rian Saat di sambangi awak media usai acara.

Rian menjelaskan bahwa BRIN itu memegang peranan utama karena tentunya dengan hasil riset dan inovasi oleh para peneliti yang ada di BRIN disosialisasikan dengan tujuan meningkatkan kapasitas daripada pelaku UMKM tersebut, dan tentunya ini sangat penting karena jika produk sudah ada tapi para pelaku UMKM tidak bisa berdaya saing itu merupakan suatu kelemahan dan tentunya ini harus diperbaiki maka peranan utama dari BRIN sangat luar biasa penting dalam proses sosialisasi manajemen bisnis untuk para UMKM.

Maka khusus di Kabupaten Bandung ini, selain melakukan inovasi produk harus mulai ditingkatkan lagi manajemen UMKM nya, di mana pondasi dan bangunan utamanya harus kuat,” ucap Rian

Dirinya yakin peserta akan memperoleh manfaat yang maksimal dengan pelatihan yang membuat materi terkait menajemen Bisnis bagi para UMKM, peserta bisa lebih paham dalam berbisnis, sehingga harus dimulai dengan melakukan menajemen yang baik.

Adapun permasalahan terkait modal yang dialami para UMKM, tentunya baik pemerintahan Kabupaten/ kota, provinsi sudah bisa membantu dan bisa diakses pada saat ini, tinggal fasilitatornya saat ini yang kurang dan tentunya harus ada kolaborasi bersama jangan sampai menitikberatkan pada satu titik, kami mendorong dari DPR-RI agar pemerintah Daerah Kab. Bandung bisa menaikkan level bagi para pelaku UMKM, agar senantiasa benar-benar pelaku UMKM naik tingkat dan naik level dalam segi dan segala aspeknya.”pungkas nya.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *