RKPDes Tahun Anggaran 2024, Pemerintah Desa Pagojengan Resmi Ditetapkan

Brebes, Suluhnusantara.News | Pemerintah Desa Pagojengan bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menggelar musyawarah desa ( Musdes ) penetapan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes ) tahun 2024 yang dilakukan di Pendopo Desa Pagojengan Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Senin 16/10/2023.

Dalam acara tersebut di hadiri Forkopimcam, Kepala Desa Pagojengan bersama perangkatnya, Babinsa dan Babinkamtibmas, Ketua BPD Pagojengan yang mewakili, Ketua LPM, PD /PLD Desa Pagojengan, Ketua RT, Ketua RW se Desa Pagojengan, KPMD Desa Pagojengan dan tamu undangan lainya.

Kepala Desa Pagojengan Suid Ama menyampaikan, “Musyawarah RKPDes ini merupakan amanat undang-undang sebagai perencanaan tahunan untuk mencapai tujuan akhir yang ditetapkan di dalam RPJMDes. Hasil penetapan ini menjadi dasar bagi pemerintah desa dalam menyusun dokumen resmi RKPDesa, yang nantinya untuk pembangunan tahun anggaran 2024 mendatang,” ungkapnya.  

Lanjut Suid, perlu diketahui dalam acara musyawarah RKPDes ini harus di lakukan di setiap tahunnya karna untuk rencana pembangunan tahun 2024, sebelumnya tim sebelas bermusyawarah atau diskusi terkait RKPDes untuk merumuskan program dan kegiatan yang dianggap penting (prioritas) oleh masyarakat. Sehingga butuh proses dan butuh tahap tahapan mulai dari Musrenbangdes, Musrenbangcam kemudian Musrenbang Kabupaten dan Musrenbang tingkat Provinsi kemudian pusat.

Selain itu kepala desa juga menjelaskan tentang penetapan perubahan anggaran belanja desa tahun anggaran 2023, sehingga anggaran di desa bisa di serap dan dipakai sesuai rencana pembangunan yang ada di desannya berjalan dengan baik sesuai rencana yang sudah di tetapkan pada tahun sebelumnya.

Dikatakan Suid. “Musdes penetapan RKPDes ini bertujuan untuk menyusun perencanaan pembangunan di desanya. Sehingga harus di lakukan di setiap tahunnya oleh pemerintah desa masing-masing,” tambahnya.

“Alhamdulillah dalam pembangunan APBDes tahun 2023 untuk Desa Pagojengan tahap satu sudah berjalan tinggal tahap dua dan tahap tiga yang sedang berjalan mudah mudahan akhir tahun ini bisa selesai,” jelasnya.

Ia menambahkan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah hadir dan mensukseskan kegiatan ini. “Semoga apa yang sudah kita tetapkan dalam daftar usulan pembangunan ini, bisa membawa bermanfaat dan terutama untuk kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Desa Pagojengan.” Pungkasnya.

Jurnalis: Rizal Sismoro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *