Sinergi TNI bersama Warga Desa Baru Gotong Royong Pasang Bronjong Kawat Di Aliran Sungai

BARABAI.Suluhnusantara.News ~ Dalam rangka mencegah terjadinya banjir dan longsor, Babinsa Koramil 1002-07/Batu Benawa gotong royong bersama warga memasang bronjong kawat di aliran sungai desa Baru, Kec. Batu Benawa, Kab.Hulu Sungai Tengah, Minggu (02/6/2024).

Dalam keterangannya kepada Penerangan Kodim HST, Serma Rofianto selaku yang dituakan dari Koramil 07/Batu Benawa, mengatakan, pemasangan bronjong kawat bertujuan untuk menahan pinggiran aliran sungai desa Baru supaya tidak terkikis air akibat derasnya volume air sungai tersebut.

“Antisipasi luapan air, terlebih saat hujan. sekaligus meminimalisir terjadinya ancaman banjir dan longsor disekitar daerah pinggiran aliran sungai desa Baru.” ujarnya.

Sementara itu Syarifudin, Kepala Desa Baru mengatakan bahwa, “Kami mendapat bantuan sebanyak 60 bronjong kawat dari Balai Wilayah Sungai Kalimantan (Banjarmasin).”ucapnya

Lanjutnya, pemasangan bronjong dilakukan secara bergotong royong bersama warga masyarakat desa Baru dibantu anggota TNI dari Koramil 07/Batu Benawa, dan batu yang dimasukkan ke dalam bronjong kita ambil dari sungai,Bronjong kawat sebagai penjaga area tepi sungai dari arus sungai sehingga bantaran sungai tidak akan mudah hancur.

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada bapak TNI yang telah membantu pemasangan bronjong,”tuturnya

Terpisah, Danramil 1002-07/Batu Benawa Kapten Inf Lilis Susanto menyampaikan gotong royong yang dilaksanakan bersama warga masyarakat bagian dari program Karya Bakti TNI, peran serta TNI dalam kepedulian untuk membantu masyarakat adalah salah satu wujud Tugas TNI selain Perang.

“Babinsa Koramil 07/Batu Benawa bersama masyarakat berupaya memberikan rasa nyaman kepada warga yang berada disekitar pinggiran aliran sungai desa baru dari ancaman banjir dan longsor,” tegasnya.(Rhn/pen1002hst).

Penulis: RaihanEditor: Eko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *