Sosialisasi Saber Pungli di Desa Tumbang Kolon oleh Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa

Murung Raya,Suluhnusantara.news – Bhabinkamtibmas Pospol Sungai Polsek Permata Intan jajaran Polres Murung Raya (Mura), Polda Kalteng, bersama Bhabinsa Koramil 1013-13/Sungai Babuat menggelar Kegiatan sosialisasi Saber Pungli di Desa Tumbang Kolon, Kecamatan Sungai Babuat, Kabupaten Murung Raya. Giat ini merupakan hasil kolaborasi antara Bhabinkamtibmas Pospol Sungai Babuat, Polsek Permata Intan bersama Bhabinsa Koramil 1013-13/Sungai Babuat, Senin  (5/2/2024).

Bertindak sebagai koordinator kegiatan adalah Bhabinkamtibmas Bripka Jusoa S. Simbolon, yang dengan penuh dedikasi memberikan sosialisasi kepada masyarakat Desa Tumbang Kolon. Melalui kegiatan ini, masyarakat diberikan pemahaman langsung tentang Saber Pungli, termasuk penyuluhan mengenai Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

Kapolsek Permata Intan Ipda Rio Desenataliato Makota, S.Th.,M.Pd menyampaikan, kegiatan tersebut sebagai bentuk upaya memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat terkait Pungutan liar (Pungli), tim penyelenggara menampilkan spanduk dan foto bersama yang menggambarkan esensi Sosialisasi Saber Pungli.

“Perlu diingatkan kepada masyarakat bahwa praktik pungutan liar tidak hanya tidak dibenarkan, tetapi juga dapat berujung pada sanksi hukum baik bagi pemberi maupun penerima,” tegas Ipda Rio.

Masyarakat Desa Tumbang Kolon diimbau untuk menjadi bagian dari pengawasan terhadap potensi pungutan liar. Semua lapisan masyarakat diberdayakan untuk melaporkan setiap tindakan pungli yang terdeteksi kepada Satgas Saber Pungli. Dengan demikian, diharapkan terwujudnya lingkungan yang bebas dari praktik korupsi dan pungutan liar.

Selama pelaksanaan kegiatan sosialisasi, situasi di Desa Tumbang Kolon dapat dikategorikan sebagai aman dan kondusif. Dokumentasi kegiatan tersedia untuk memperkuat transparansi dan akuntabilitas dalam upaya bersama melawan pungutan liar di wilayah tersebut.*

(M.Ilmi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *