Survei Re Akreditasi UPT Puskesmas Saripoi Berlangsung, Tantangan Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terpenuhi

Akreditasi Puskesmas

Murung Raya, Suluh Nusantara News – Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat (UPT Puskesmas) Saripoi Kecamatan Tanah Siang, Kabupaten Murung Raya, memulai proses survei re-akreditasi yang dilakukan oleh Tim Survei dari Lembaga Penyelenggara Akreditasi Pelayanan Kesehatan Paripurna (LPA-PKP), Kamis 23 November 2023.

Kepala UPT Puskesmas Saripoi, dr. Simon Samosir, mengungkapkan bahwa survei ini, yang melibatkan dua surveyor, dr. Yogi Aktiandi dan Asiwei Tigoi, berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 23 hingga 26 November 2023.

“Semoga proses reakreditasi ini menghasilkan sertifikat Paripurna untuk Puskesmas Saripoi,” ungkap dr. Simon.

Pada pembukaan kegiatan, Penjabat Bupati Murung Raya, Hermon, menyatakan bahwa hasil penilaian tim survei dapat menjadi motivasi bagi Puskesmas untuk terus meningkatkan baik kuantitas maupun kualitas petugasnya.

“Semoga hasil yang dicapai nanti sesuai dengan harapan bersama, bisa mendapatkan hasil Paripurna, karena akhir dari manfaat akreditasi adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Murung Raya,” ujar Hermon.

Puskesmas Saripoi, sebagai fasilitas pelayanan kesehatan kawasan terpencil, menjadi salah satu dari sepuluh Puskesmas yang menjalani survei re-akreditasi pada tahun 2023. Dari Puskesmas yang telah melalui proses ini, dua di antaranya telah memperoleh sertifikat Paripurna.

“Posisi Murung Raya dengan 10 Kecamatan dan 15 Puskesmas yang telah terakreditasi sejak tahun 2017-2019. Fasilitas pelayanan kesehatannya tersebar di perkotaan, perdesaan, terpencil, dan sangat terpencil,” tutur Hermon.

Dalam kesempatan tersebut, Hermon berharap agar Puskesmas dapat memberikan informasi yang akurat untuk memahami sejauh mana kontribusi, proses, dan hasil yang telah dicapai. Hal ini diharapkan dapat membantu perbaikan di masa depan, menuju visi “Murung Raya Emas tahun 2030”.

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Murung Raya, dr. Suwirman Hutagalung, unsur Tripika Kecamatan Tanah Siang, tokoh masyarakat setempat, dan undangan lainnya.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *