Tahap Pemilu 2024, TNI dan Polres Brebes gelar Apel untuk Kesiapaan Pengaman agar berjalan Aman Dan Kondusif

Brebes, Suluhnusantara.News | Polres Brebes Polda Jawa Tengah melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan pengamanan tahapan Pemilu tahun 2023 – 2024 pada Rabu (18/10/2023) sore.

Kegiatan yang dilaksanakan dilapangan kawasan Islamic Centre Brebes tersebut menandai dimulainya pelaksanaan operasi Kepolisian terpusat yakni Operasi Mantap Brata (OMB) tahun 2023-2024.

Bertindak selaku pimpinan apel adalah Pj. Bupati Brebes Urip Sihabudin.

Hadir secara langsung dalam kegiatan tersebut Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq, Dandim 0713 Letkol Inf Tentrem Basuki bersama jajaran Forkopimda serta perwakilan lembaga penyelenggara Pemilu, Bawaslu hingga sejumlah perwakilan partai politik peserta Pemilu 2024.

Sementara peserta apel terdiri dari pasukan TNI Polri, Satpol PP, Linmas, BPBD, Dinas Kesehatan serta gabunga ormas.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Urip Sihabudin menyampaikan dalam amanatnya yang membacakan sambutan dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, MSi.

Disebutkan, apel gelar pasukan merupakan rangkaian dari kesiapan Polri mengawal pelaksanaan Pemilu 2024.

“Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun Sarpras Operasi Mantap Brata 2023-2024, sehingga Pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar,” ucap Pj Bupati dalam sambutanya.

Disampaikan juga bahwa selama pelaksanaan pengamanan rangkaian Pemilu 2024 yang akan digelar selama 222 hari tersebut dimulai sejak 19 Oktober 2023 sampai dengan 20 Oktober 2024 Polri akan dibantu perkuatan pasukan dari TNI dan dinas terkait serta mitra Kamtibmas lainya.

“Guna mengamankan Pemilu 2024 tersebut, maka Polri akan didukung TNI, kementrian/lembaga, instansi terkait dan mitra kamtibmas lainya,” lajutnya.

Sementara itu, hal yang sama ditambahkan oleh Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq.

Guntur mengungkapkan pihaknya bersama TNI dan sejumlah lembaga, dinas terkait serta mitra kamtibmas lainya siap mengawal dan mengamankan untuk suksesnya rangkaian pesta demokrasi di wilayah Kabupaten Brebes.

“Sinergisitas dan soliditas antar seluruh personel pengamanan maupun stakeholder terkait sangat diperlukan. Karena hal tersebut adalah kunci utama dalam keberhasilan operasi,” terang AKBP Guntur Muhammad Tariq.

Dalam apel gelar gelar pasukan tersebut juga dilakukan deklarasi dan komitmen untuk melaksanakan Pemilu Damai oleh masing – masing perwakilan Partai Politik peserta Pemilu.

Jurnalis: Rizal Sismoro/AL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *