Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme Warga Binaan Rutan Barabai Dengan Wasbang Dari Dandim 1002/HST

Barabai, Suluhnusantara.News – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Barabai bekerja sama dengan Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah menyelenggarakan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan. Acara ini berlangsung di Aula Serbaguna Rutan Barabai pada Senin (20/05/2024).

Kepala Rutan Kelas IIB Barabai, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran nasionalisme dan kebangsaan di kalangan warga binaan. “Kami berharap, melalui penyuluhan ini, para warga binaan dapat memahami lebih dalam tentang nilai-nilai kebangsaan dan semangat persatuan Indonesia,” ujarnya.

Komandan Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah, Letkol Inf Fery Perbawa, S.Hub.Int., M.Han, bertindak sebagai narasumber dalam penyuluhan tersebut. Letkol Inf Fery Perbawa menyampaikan pentingnya wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air bagi setiap warga negara, termasuk para warga binaan.

Acara penyuluhan ini dihadiri oleh seluruh warga binaan Rutan Barabai. Mereka tampak antusias mendengarkan paparan dari Letkol Inf Fery Perbawa, yang juga menyampaikan materi tentang Pancasila sebagai Pilar Kebangsaan guna menumbuhkan jiwa Nasionalisme Warga Binaan.

“Pancasila merupakan landasan Ideologi bangsa ini yang harus selalu ditanamkan dalam jiwa seluruh Masyarakat Indonesia agar semangat Hari Kebangkitan Nasional yang kita peringati hari ini merubah kita menjadi pribadi yang dapat berguna bagi bangsa dan negara,” jelasnya.

Kegiatan ini diakhiri menyanyikan bersama lagu Garuda Pancasila dan yel-yel pembangkit semangat. Dengan adanya penyuluhan ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi warga binaan dalam menjalani masa tahanan mereka, serta menumbuhkan semangat kebangsaan yang kuat dalam diri mereka.

Secara terpisah Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Taufiqurrahman mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Rutan Barabai dalam membangkitkan semangat warga binaan dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang pada tahun ini mengambil tema “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas”.

(Rhn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *