Wali Murid Siswa Siswi SDN Sembungharjo ll Khususnya Bapak-Bapak Antar Putra-Putrinya Ke Sekolah Peringati Hari Ayah Nasional 2023

Hari Ayah

Semarang, Suluh Nusantara.News — Warga Indonesia merayakan Hari Ayah Nasional pada 12 November 2023, sementara Hari Ayah Sedunia dirayakan 18 Juni 2023.

Sekilas, keduanya sama-sama merupakan peringatan untuk menghormati dan menghargai para ayah yang telah bertanggung jawab merawat dan membesarkan serta memberikan pendidikan yang layak bagi putra putrinya.

Banyak macam cara dalam memperingati Hari Ayah Nasional, Seperti halnya yang di lakukan oleh SDN Sembungharjo ll pada hari Senin (13/11/2023).

Memang aktifitas di SDN Sembungharjo ll terlihat beda dari biasanya, dalam keseharian para siswa maupun siswi diantar oleh para ibu-ibu saat berangkat ke sekolah.

Namun hari ini bukan para ibu-ibu yang mengantar putra putrinya ke Sekolah melainkan para Ayah, yang sudah siap dari pukul 06.30 wib untuk menitipkan anak-anaknya agar menjalani proses belajar mengajar dan menimba ilmu di Sekolah tersebut.

Pasalnya, nampak Ibu Mutasaroh S.pd selaku Kepala Sekolah SDN Sembungharjo ll didampingi para guru pengajar telah menyambut di pintu gerbang Sekolah dan mendokumentasikan satu persatu para orang tua yang mengantar putra putrinya untuk masuk kedalam kelas.

Kami sempat berbincang dengan Ibu Kepala Sekolah mengenai wacana dan inspirasi maupun inisiatif dari mana bisa memperingati Hari Ayah Nasional ini dengan mengadakan program seperti ini.

Beliau mengungkapkan, bahwa tercetusnya program semacam ini di inisiasi para guru saat rapat dan mangacu dari edaran Dinas Pendidikan Kota Semarang.

“para guru ketika saya rapatkan,karena ada edaran dari Dinas bahwa satuan pendidikan dalam rangka hari ayah nasional ,dihimbau untuk melaksanakan parenting khusus walimurid laki-laki ( ayah) karena selama ini ketika diundang parenting, program sekolah maupun undangan yang lain yang hadir mayoritas walimurid ibu, dan kami memaklumi karena mayoritas walimurid lk/ ayah karena terjegal waktu kerja, maka disepakati dalam rapat itu biar berjalan sesuai harapan biar benar- benar ayah yang melaksanakan, diambilah suatu keputusan, seorang ayah mengantar putra- putrinya berangkat ke sekolah, dan itu sangat simpel dan bermakna” ungkapnya saat di hubungi via whatsApp pada Senin (13/11/2023).

Ditanya lebih lanjut mengenai program ini, sudah berapa lama diputuskan dan akhirnya dilaksanakan sejak kapan?

“Program orangtua mengantar putra- putrinya berangkat ke sekolah sudah beberapa tahun lalu terutama pada saat Covid 50% daring dan berangkat sekolah 50% waktu itu wajib diantar keluarga, Sedangkan program orangtua ayah mengantar anaknya ke sekolah baru tercetus setelah ada edaran hari ayah Nasional bulan November ini” tuturnya.

Namun, semua ini dilaksanakan pasti pihak sekolah terlebih Kepala Sekolah sendiri mempunyai makna dalam menjalankan program tersebut.

“Sebagai Kepala Sekolah saya memaknai Hari Ayah Nasional ini Adalah : Kesempatan untuk mengapresiasi peran vital ayah dalam mendukung perkembangan anak-anak, tidak hanya dirumah, tetapi juga dalam pendidikan mereka disekolah. Melibatkan ayah dalam proses pendidikan dapat memperkuat ikatan keluarga dan membantu menciptakan lingkungan yang mendukung” paparnya.

Dengan ini berarti lingkungan SDN Sembungharjo ll secara tidak langsung sudah menciptakan hal yang positif dalam membangun kerjasama dan ikatan personal dari Kepala Sekolah hingga Guru pengajar kepada para wali murid khususnya Ayah dari para siswa siswi yang menimba ilmu di sekolah tersebut.

“Untuk semua ayah di Indonesia terimakasih atas dedikasi, cinta, dan pengorbanan yang tak terhingga, semoga hari ayah nasional ini menjadikan kesempatan untuk merayakan peran pentingnya dalam keluarga.Teruslah menjadi sosok teladan, penyemangat dan pilar kekuatan” terangnya.

Ditanya mengenai pesan terhadap para orang tua wali murid khususnya sang ayah yang putra putrinya dititipkan menimba ilmu di SDN Sembungharjo ll, beliau tegas mengatakan.

“khusus wali murid laki-laki/ayah.
Menitipkan anak disekolah adalah investasi masa depan mereka.Terlibatlah aktif dalam pendidikan mereka. Dengarkan cerita harian dan dukunglah impian mereka, kehadiranmu sangat berarti” tandasnya.

Ia juga berpesan dan berharap kepada para Ayah diseluruh penjuru negeri, khususnya bagi para orang tua yang putra putrinya sedang menimba ilmu dan mengenyam pendidikan di bangku sekolah.

“Harapan Kepala Sekolah bagi para ayah dalam memperingati Hari Ayah Nasional untuk kedepannya, adanya pengakuan dan apresiasi lebih terhadap peran mereka dalam membimbing dan mendukung keluarga, selain kesadaran masyarakat tentang pentingnya peran ayah dalam pembentukan karakter anak juga dapat ditingkatkan. Memberikan dukungan emosional dan waktu berkualitas dengan anak-anak juga menjadi aspek penting untuk menciptakan hubungan yang kuat dalam keluarga” pungkasnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *