Wayangan Bersih Desa Pakisaji, Bupati Blitar: Ini Bentuk Uri-Uri Adat Budaya Jawa

Blitar.Suluhnusantara.News – Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri acara bersih desa di Desa Pakisaji, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Sabtu (25/5/2024) malam.

Acara bersih desa tersebut ditandai dengan pagelaran wayang kulit “Tumuruning Wahyu Ponco Darmo” oleh dalang Ki Dimas Suprobo, dengan kehadiran bintang tamu Jo Klitik dan Jo Klutuk. Turut hadir dalam acara tersebut Muspika Kecamatan Kademangan dan jajaran.

Bupati Blitar, Rini Syarifah, mengapresiasi Kepala Desa Pakisaji Andi Purnomo dan masyarakatnya yang mempertahankan adat budaya Jawa dengan menggelar acara bersih desa setiap bulan Suro.

“Mengikuti perkembangan teknologi yang pesat, kita tidak boleh melupakan tradisi yang diwariskan oleh leluhur kita. Kita wajib mempertahankannya dengan menggelar acara seperti ini setiap tahun,” ujarnya.

Acara bersih desa merupakan wujud syukur terhadap kelimpahan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT kepada warga Desa Pakisaji.

Bupati juga mengingatkan seluruh warga untuk tetap menjaga kebersamaan dan gotong-royong dalam memajukan desa masing-masing, dengan keyakinan bahwa sinergi dan kolaborasi antar lapisan masyarakat adalah kunci utama kemajuan wilayah.

“Saya yakin Desa Pakisaji mampu mewujudkan hal tersebut dengan kekompakan mereka,” tambahnya.

Pewarta : Leo Fahmi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *