Gelar Penyuluhan Kelompok Tani Ternak Tirtayuda 2 Bersama desa Neglasari Dan Paguyuban Kecamatan Pamarican

Penyuluhan Kelompok Tani

Ciamis, Suluh Nusantara News – Dalam Rangka menyambut atau menghadapi masa tanam di bulan Desember 2023 nanti. Kelompok tani Tirtayuda 2, yang beralamat di dusun Sindangjaya desa Neglasari kecamatan Pamarican kabupaten Ciamis Jawa Barat mengadakan penyuluhan atau pembinaan pertanian pada hari kamis tanggal 23-11-2023 yang bertempat langsung di area pertanian Tirtayuda 2. Lokasinya di wilayah perbatasan 3 desa, yaitu desa Neglasari,desa Sukajaya dan desa bangunsari.

Acara tersebut di hadiri oleh muspika kecamatan pamarican, perwakilan Kapolsek pamarican, perwakilan danramil koramil pamarican dan juga perwakilan dari mulai ketua Poktan dari desa dan perwakilan paguyuban pertanian kecamatan. Juga para anggota poktan nya. Acara tersebut dengan narasumber dari pihak BPP kecamatan Pamarican,dan dari ketua kelompok sadar wisata ( Pokdarwis ) kecamatan Pamarican Bp H.Sohib.

Acara tersebut menurut Poktan Tirtayuda 2 ketika di konfirmasi langsung oleh awak media Suluh Nusantara news menuturkan bahwa ,acara penyuluhan ini bertujuan;

1. Mempererat hubungan silaturahmi antar para petani

2. Sehubungan sebentar lagi akan musim penanaman jagung supaya lebih terarah kan dan lebih maksimal hasil panen nanti.dan juga sekalian biar ada pengembangan atau peningkatan di sektor perekonomian masyarakat petani khususnya sekalian akan di tingkatkan ke wisata tani atau agrowisata melalui pengarahan dan pembinaan dari Pokdarwis kecamatan Pamarican.

Di acara tersebut di meriahkan juga pesta hiburan di akhir penyuluhan atau pembinaan pertanian. Hiburan seni kebudayaan tradisional seni pencak silat kombinasi dan seni kuda lumping. Seni ini di bawah pimpinan Bp idin Sarif Hidayat, dan kebetulan beliau dan para anggota seni nya kebanyakan anggota Poktan Tirtayuda 2 juga.

Lahan garapan pertanian tersebut seluas kurang lebih 20 Ha. Tanah tersebut tanah negara yang di olah oleh PT wirakcakra dan PT pitrah lestari lahan tidur yang di gunakan dan di manfaatkan oleh kelompok tani Tirtayuda 2,berdasarkan ( HGP ) hak guna pakai dari dua perusahaan tersebut. Acara berlangsung Hidmat dan kondusif dan sukses.

Harapan ke depan semoga dalam pemanfaatan lahan tidur ini bisa berjalan lanjut selamanya. Dan semoga di waktu panen jagung nanti bisa panen raya yang berhasil,dan juga dapat menghadirkan mengundang pihak kabupaten Ciamis nanti.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *